Bagian Otak Dan Cara Kerja Otak

Taukah Anda Bagian Otak Dan Cara Kerja Otak

 images?q=tbn:ANd9GcToYCUySHeSCcMD-nFyomO

 Sebagai mahluk hidup kita pasti mempunyai Otak. Otak digunakan untuk berpikir baik buruknya tergantung pada penilaian setiap orang. Meskipun kadang kita berpikir kenapa otak kita tidak seperti Albert Einstein ?, kenapa kita tidak sepintar orang-orang itu ?, kenapa dia bisa disebut orang yang paling pintar di dunia ? kenapa dia bisa mengingat apa yang baru dia lihat, padahal dia hanya melihatnya sekejap ?

      Oh iya, mungkin ada alasan mengapa mereka bisa pintar dari lahir, tapi yang saya yakini mereka pintar tidak begitu saja karena manusia tidak pernah akan tahu apa-apa, bila ia tidak berusaha ingin tahu. Jadi mereka juga pasti belajar dengan giat rajin dan serius.

    Ada beberapa hal yang ingin saya sharing kepada anda bahwa otak kita sangat menakjubkan, saya membaca sebuah buku bahwa diperkirakan di dalam otak kita terdapat 1 miliar sel otak (neuron), Sebanyak 100 miliar sel otak aktif , sementara sisanya  adalah sel pendukung. Selain jumlah otak yang dimilki, kecerdasan seseorang juga di tentukan oleh seberapa banyak koneksi yang bisa terjadi antara masing-masing sel otak. Kemungkinan yang bisa terjadi antara setiap sel otak dari 1 miliar sampai 20.000 koneksi. Kita dapat menambah koneksi dengan melatih otak kita. (itu berarti kita bisa menjadi jenius seperti orang terkenal lainnya.

    Kandungan yang terdapat di dalam otak kita sebagian besar diisi oleh air hingga mencapai 80% dari keseluruhan volume otak, sisanya di bagi untuk protein dan lemak. Otak orang dewasa mempunyai berat sekita 1,4 kg. selain kandungan yang berada di otak manusia yang terdiri 3 bagian, seperti :

  1.  Otak Reptil > Otak yang akan diaktifkan oleh suatu persaan negative seperti marah, stress, takut , tertekan, cinta, dan perasaan lainnya.
  2.  Otak Mamalia > Bagian Otak ini berfungsi untuk mengendalikan sistem kekebalan tubuh, hormone, dan memori jangka panjang.
  3.  Otak Neo Kortex (Otak berfikir) > Merupakan 80% dari total otak manusia yang memilki kaitan dengan proses berfikir. Proses berfikir meliputi aspek kritis, berfikir kreatif, dan kemampuan memecahkan masalah. Berbeda dengan Otak reptile, otak Neo Cortex akan aktif apabila seseorang berada dalam kondisi tenang.

Berdasarkan hasil penelitian profesor roger sperry (California), Otak manusia terbagi 2 belahan (mungkin anda sudah tau) sebelah kiri dan kanan. Meskipun mempunyai fungsi yang berbeda tapi keduanya masih salig mendukung. Menurut ke dua otak mempunyai pusat fungsi intelektual utama. Otak kiri dominan pada sesuatu yang menyangkut hal logika, tulisan, angka, urutan kelinieran, kebakuan, dan analisis. Otak kanan lebih dominan pada suatu hal yang menyangkut imajinasi, emosional, keinginan, kebebasan, warna, music, bentuk, dan kreativitas. Kemudian, temuan ini di benarkan oleh Ornstein, Zidel, Bloch, dan kawan-kawan.

Prilaku yang dominan menggunakan Otak Kiri =>

  1. Menyukai kata-kata, symbol dan huruf.
  2. Gemar menikuti kegiatan yang merangsang kemampuan artikulatif.
  3. Mengerjakan sesuatu pekerjaan dengan menggunakan jadwal yang teratur dan alokasi waktu yang sesuai
  4. Menyukai informasi  yang bersifat factual.
  5. Dapat menganilisi atau memprediksi sesuatu yang akan terjadi.
  6. Menyimpan segala sesuatu yang akan terjadi.
  7. Menyimpan segala sesuatu di tempat khusus.
  8. Suka membuat perencanaan sendiri secara matang
  9. Sangat setabil dan konsisten.

Prilaku Seseorang yang dominan menggunakan Otak Kanan =>

  1. Lebih suka berfikir dalam bentuk gambar.
  2. Lebih suka sesuatu yang bersifat acak.
  3. Lebih menyukai lingkunan belajar yang bersifat sepontan.
  4. Menyukai informasi yang membahas mengenai hubungan dengan beberapa hal.
  5. Menyukai pendekata yang bersifat terbuka dan baru.
  6. Sangat fleksibel, bahkan terkadang sulit untuk di tebak.
  7. Dapat mengikuti perencanaan yang di buat oleh siapa saja.
  8. Biasanya bertindak berdasarkan perasaan.

Untuk teknik/cara bagaimana kita dapat menyeimbangkan otak kita, saya belum baca bukunya..hehe

Tapi dalam buku yang saya baca untuk meningkatkan keterampilan mental antara otak kira dan kanan, kita perlu mengetahui "area" atau wilayah kekuatan kelemahan diri kita. 

Jadi pemahaman saya tentang ini adalah kita harus dapat melatih kedua sisi otak kita (Otak Kiri dan Kanan) untuk mengembankan kemampuan mengingat dan berpikir kita.

Semoga semua penjelasan tentang Bagian Otak Dan Cara Kerja Otak

Bermanfaat bagi kita semua.

Sumber: agungbloge

Comments

  • No Comment Yet
Please login first for post a comment

Blogroll